Kalender Akademik

Struktur pendidikan PPDS Ilmu Kesehatan Mata menggunakan kurikulum terstruktur yang terdiri dari perkuliahan, penugasan, penelitian dan penulisan karya ilmiah. Keempat komponen itu saling berkaitan satu sama lain. Kegiatan perkuliahan terdiri dari MKB, MPB dan MKK. Total beban perkuliahan dan penugasan serta beban tesis adalah 167 SKS yang diselesaikan dalam waktu normal 8 semester.

Setiap perkuliahan dilakukan oleh staf pengajar yang ditetapkan berdasarkan SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair). Kuliah dilakukan dengan metode tatap muka, diskusi, penugasan, praktikum dan evaluasi.

Rincian Beban SKS dan Pembagian Tahap Pendidikan di Ilmu Kesehatan Mata

Untuk memberikan kemampuan melakukan riset di bidang Ilmu Kesehatan Mata yang layak dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional, maka peserta didik diwajibkan melakukan penulisan karya ilmiah dan tugas akhir ilmiah berupa tesis. Tesis dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan minimal sudah berada di semester 7. Tahapan tesis diawali dengan mengajukan tinjauan kepustakaan penelitian pada ujian usulan penelitian tertutup, dilanjutkan ujian penelitian terbuka, penelitian, dan tahap hasil penelitian terbuka.

Proses pembelajaran dalam upaya pencapaian kompetensi Ilmu Kesehatan Mata dilaksanakan dengan :

Ronde bangsal/visite besar
Acara Ilmiah (journal reading/ presentasi kasus/ Makalah 1 dan 2) di ruang sidang Tamin Rajamin
Laporan jaga pagi dan afternoon report
Diskusi kasus bersama multi-disiplin
Diskusi kasus divisi dan mentoring divisi
Bimbingan wetlab operasi katarak dan trabekulektomi.

DutchEnglishIndonesianJapaneseKoreanMalay